Di Unnes, Ketua P3SI Bahas Pembelajaran Sejarah Era Milenial

Di Unnes, Ketua P3SI Bahas Pembelajaran Sejarah Era Milenial

Sabtu 3 November 2018 – Himpunan Mahasiswa Sejarah FIS UNNES menggelar Seminar Nasional kesejarahan dengan tema “Reposisi Dan Eksistensi Pembelajaran Sejarah Masa Milenial” Seminar yang berlangsung di gedung C7 Fakultas Ilmu sosial UNNES dihadiri sedikitnya 105 guru sejarah se Indonesia.

Seminar Nasional Sejarah tersebut menghadirkan pembicara, Dr. Aman M. Pd (Universitas Negeri Yogyakarta), dan Dr. Abdul Syukur M. Hum (Universitas Negeri Jakarta). Acara yang dipandu oleh Tsabit Azinar Ahmad, M. Pd. tersebut membahas isu – isu hangat mengenai permasalahan dan tantangan yang muncul dalam pembelajaran sejarah di Indonesia. “Guru dan calon guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang menarik minat siswa baik dari segi materi maupun dalam hal media pembelajaran” papar Abdul Syukur. Pada acara tersebut Abdul Sukur juga menyampaikan kiat seperti keahlian teknologi, leadership, keterampilan sosial, hingga learning skill sangat dibutuhkan untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Pembelajaran sejarah harus terus bergerak maju mengikuti perkembangan zaman jika tidak ingin tertinggal. Hal ini juga disampaikan oleh Dr. Aman M. Pd bahwa “kita telah memasuki era Generasi Alfa atau era generasi tahun 2010-an dengan kemajuan teknologi yang luar biasa, dan kita sebagai praktisi pendidikan harus ikut berproses didalamnya”. Guru dan calon guru harus bisa inklusif atau dapat membaur dengan perkembangan dunia yang mengarah pada percepatan teknologi.

Acara seminar nasional sejarah merupakan satu dari rangkaian acara yang terintegrasi dalam agenda Besar Olimpiade Sejarah dan Esai Nasional 2018.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://p3si.org/wp-content/uploads/2017/08/header-background-1-1-1-1-1.png);background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: initial;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}