Pernyataan Sikap P3SI tentang Wacana Penyederhanaan Kurikulum Sejarah Indonesia

Pernyataan Sikap P3SI tentang Wacana Penyederhanaan Kurikulum Sejarah Indonesia

Melihat dinamika yang berkembang di masyarakat tentang posisi mata pelajaran Sejarah Indonesia dalam rancangan penyederhanaan kurikulum, Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia (P3SI) merasa perlu mengemukakan pernyataan sikap. Pernyataan sikap ini kami keluarkan setelah melakukan audiensi dengan berbagai pihak untuk melihat duduk permasalahan secara jernih serta diskusi dengan jajaran pengurus pada hari Sabtu, tanggal 19 September 2020. Berdasarkan audiensi dan diskusi yang telah dilakukan, P3SI mengeluarkan pernyataan sikap sebagai berikut.

  1. P3SI mendukung proses evaluasi kurikulum sebagai bentuk perbaikan berkelanjutan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, dengan tetap mempertahankan Sejarah Indonesia sebagai mata pelajaran wajib di jenjang SMA/MA dan SMK untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Proses evaluasi terhadap kurikulum, termasuk mata pelajaran Sejarah Indonesia perlu dilakukan secara proporsional dengan melibatkan berbagai pihak dan memperhatikan aspirasi masyarakat.
  2. P3SI meyakini bahwa mata pelajaran Sejarah Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan potensi intelektual, sikap, dan keterampilan bagi peserta didik melalui pemaknaan terhadap masa lalu. Mata pelajaran Sejarah Indonesia berperan dalam menguatkan karakter, identitas, dan ketahanan bangsa yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, sehingga sangatlah relevan dengan Profil Pelajar. Oleh karena itu, eksistensi mata pelajaran Sejarah Indonesia perlu tetap dipertahankan dan mustahil untuk direduksi dalam kurikulum.
  3. P3SI meyakini bahwa Pemerintah memiliki maksud dan upaya yang baik untuk tidak menghilangkan, mengurangi, membatasi, atau mengintegrasikan mata pelajaran sejarah ke dalam mata pelajaran lain dan tetap menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri dalam struktur kurikulum.
  4. P3SI berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas Pendidikan Sejarah Indonesia, termasuk dalam pengembangan kualitas calon pendidik dan guru sejarah. P3SI siap menjadi mitra strategis dan bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mengawal proses pendidikan sejarah yang memberikan makna bagi peserta didik melalui inovasi-inovasi di bidang pembelajaran dan kesejarahan.

File pernyataan dapat diunduh di sini.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://p3si.org/wp-content/uploads/2017/08/header-background-1-1-1-1-1.png);background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: scroll;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 550px;}