Inilah Materi Webinar 1 P3SI, Sejarah Lokal Perspektif Historis & Pedagogis

Inilah Materi Webinar 1 P3SI, Sejarah Lokal Perspektif Historis & Pedagogis

Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Indonesia (P3SI), menggelar kegiatan webinar sejarah dengan tema “Sejarah Lokal Perspektif Historis dan Pedagogis” pada Selasa tanggal 30 Maret 2021 dimulai pukul 13.00 WIB hingga selesai. Webinar ini merupakan seri pertama dari puluhan rangkaian webinar yang diagendakan akan rutin dilaksanakan.

Webinar seri 1 ini menghadirkan pembicara dari berbagai kampus yang ada di Indonesia yaitu Deni Adi Wijaya, M.Pd. (Universitas Riau Kepulauan), Dr. Muhamamd Idris, M.Pd. (Universitas PGRI Palembang), Dr. Jumardi, M.Pd. (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) dan Galuh Ambar Sasi, M.Pd. (Universitas Kristen Stya Wacana). MC kegiatan ini dimandatkan kepada Hawiki Renalia berasal dari Universitas Negeri Malang dan Moderator acara dipercayakan kepada Eka Yulia Rahman, M.Pd.  dari Universitas Negeri Manado. Berikut ini adalah video dokumentasi kegiatan webinar.

Kegiatan ini diketuai oleh Syaiful Amin, M.Pd.  dosen Jurusan Sejarah dari Universitas Negeri Semarang. Selaras dengan nama P3SI, maka panitia penyelenggara kegiatan ini juga berasal dari Program Studi Pendidikan Sejarah yang berasal dari kampus berbeda-beda. Syaiful Amin pada sambutannya menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan P3SI ini nanti akan berlangsung hingga bulan Juli dengan delapan kali kegiatan. Tujuan kegiatan positif seperti ini dinilai Saiful dapat menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Hal yang cukup menggembirakan bahwa pada webinar seri pertama ini peserta yang mendaftar sebanyak 855 orang peserta. Membludaknya peserta ini membuat sebagian peserta tidak dapat diakomodir dalam zoom meeting yang disediakan panitia  untuk 500 peserta, solusinya panitia menyediakan live streaming di Channel Youtube Netra Sejarah untuk mengakomodir kelebihan peserta. Melihat animo yang demikian, Syaiful berharap agar webinar seri pertama ini dapat menjadi awal yang baik untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang.

Kegiatan ini tentu saja disambut baik oleh ketua P3SI Dr. Abdul Syukur, M.Hum. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka menyambut kebijakan kampus merdeka yang telah dicanangkan oleh pemerintah. “Semoga program kerjasama pertama ini dapat terlaksana dengan baik, suasana akademik dapat berjalan dengan baik serta dosen dan mahasiswa dapat mulai merasakan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui kegiatan ini meskipun tidak resmi” Jelas Abdul Syukur.  Selain itu kepanitiaan yang melibatkan banyak kampus di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ini, dapat memberikan peluang sebesarnya bagi setiap prodi Pendidikan sejarah di Indonesia untuk berkontribusi membangun bangsa melalui kegiatan positif seperti ini. Panitia yang tergabung dari seluruh Indonesia di antaranya berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Melalui webinar bertemakan Sejarah lokal Perspektif Historis dan Pedagogis ini semoga dapat memberikan sumbangsih yang berarti bagi seluruh bangsa Indonesia. Rencananya pada awal April 2021 Series Webinar 2 akan dilaksanakan dengan tema yang berbeda dan tentu saja menghadirkan narasumber yang berbeda dari berbagai Prodi Pendidikan Sejarah kampus di Indonesia, ditunggu ya!.

Materi-materi narasumber dapat diunduh di sini.

 

 

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://p3si.org/wp-content/uploads/2017/08/header-background-1-1-1-1-1.png);background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: scroll;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 550px;}