Gelar Webinar Nasional Series Dua, Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia Bahas Pembelajaran Sejarah di Era Digital

Gelar Webinar Nasional Series Dua, Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia Bahas Pembelajaran Sejarah di Era Digital

Senin, 12 April 2021 10:00 WIB

Jakarta – Sebanyak 314 peserta dari berbagai wilayah Indonesia menjadi partisipan dalam webinar series ke-dua yang digelar secara daring pada senin, 12 April 2021.

Pada series ini membahas tentang Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Kepanitian dalam webinar series  ini merupakan kolaborasi antara dosen pendidikan sejarah se-indonesia yang tergabung dalam Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI).

Ketua panitia yakni Syaiful Amin,S.Pd.,M.Pd yang juga salah satu dosen pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang (UNNES)  mengatakan, lebih 600 partisipan yang mendaftar. “Rangkaian kegiatan webinar berupaya menampilkan berbagai macam prespektif pendekatan sejarah. Khusus hari ini pembelajaran sejarah di era digital di mana menghadirkan masa lalu dengan prespektif kekinian. Kegiatan selanjutnya sekitar  delapan  sampai sembilan series webinar. Kegiatan ini diperkirakan berlangsung hingga Agustus 2021. Kepanitian ini terpusat beberapa titik di seluruh Indonesia yang melibatkan dosen pendidikan sejarah se-indonesia yang tergabung dalam Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) ,” Jelas dia.

Selanjutnya webinar dibuka secara resmi oleh Dr. Abdul Syukur, M.Hum selaku  Ketua Pusat Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Dalam sambutannya beliau mengapresiasi pemateri , peserta dan panitia yang terlibat dari berbagai kampus. Abdul Syukur mengutip  pendapat Georg Simmel (2005) bahwa investasi digital yang kuat akan menjadikan dosen bertahan dan berkembang. Beliau berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi civitas akademik dalam rumpun  pendidikan sejarah se-Indonesia.

Webinar kali ini menghadirkan pembicara sebagai berikut Dr.Syarifuddin,S.Pd.,M.Pd dari Universitas Sriwijaya menyajikan materi urgensi teknologi digital dalam pendidikan sejarah , Pemateri kedua oleh Lutfiah Ayundasari,S.Pd.,M.Pd  dosen Universitas Negeri Malang dengan materi inovasi model pembelajaran sejarah dan diakhir pemaparan materi media alternatif dalam pembelajaran sejarah oleh Yusuf Budi Prasetya Sentosa,S.Pd.,M.Pd. dosen dari Universitas Indraprasta PGRI. Acara ini dipandu oleh Hawiki Renalia mahasiswa Universitas Negeri Malang dengan Moderator Dr. Jumardi,M.Pd dosen Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Materi narasumber dapat diunduh di sini.

Selanjutnya P3SI  akan menyelenggarakan webinar series ke-tiga yang direncanakan akhir April 2021.

(Eka)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://p3si.org/wp-content/uploads/2017/08/header-background-1-1-1-1-1.png);background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: scroll;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 550px;}