P3SI dan Prodi S3 Pendidikan Sejarah UNS Gelar Refleksi Hari Kartini dengan Webinar

P3SI dan Prodi S3 Pendidikan Sejarah UNS Gelar Refleksi Hari Kartini dengan Webinar

Kamis, 22 April 2021 10:00 WIB

Jakarta – Pada masa pademi Covid-19 membuat masyarakat untuk menjaga jarak satu sama lain sehingga perayaan Hari Kartini saat ini dilakukan dengan berbagai cara. Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia bekerja sama dengan Program Studi S3 Pendidikan Sejarah UNS melaksanakan webinar secara daring.

Merefleksikan Hari Kartini P3SI bekerja sama Program Studi S3 Pendidikan Sejarah UNS menggelar webinar bertajuk Perempuan di Panggung Sejarah.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Dr. Jenny Koce Matitaputty. S.Pd.,M.Pd dari Universitas Pattimura, Pemateri kedua Dr. Sutiyah, M.Pd.,M.Hum dari Universitas Sebelas Maret dan pemateri ketiga Dr. Risma Margaretha Sinaga,M.Hum dari Universitas Lampung.

Kepanitian ini terpusat beberapa titik di seluruh Indonesia yang melibatkan dosen pendidikan sejarah se-Indonesia yang tergabung dalam Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Ketua panitia yakni Syaiful Amin,S.Pd.,M.Pd yang juga salah satu dosen pendidikan sejarah Universitas Negeri Semarang (UNNES) menginformasikan jumlah partispan dalam kegiatan ini sebanyak 756 peserta yang bergabung baik melalui zoom dan kanal youtube yang tersedia. Tak lupa Dr. Abdul Syukur,M.Hum selaku Ketua Umum P3SI memberikan apresiasi dan berharap kegiatan webinar berseri ini dapat berjalan dengan lancar.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret yakni Dr. Mardiyana,M.Si.

“Kegiatan ini sangat bagus dalam rangka memeriahkan Hari Kartini. Bagaimana peran wanita ke depan supaya sesuai dengan kodrat sehingga  tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki. Dalam rangka merefleksi dan bagaimana mengatur peran wanita dalam pembangunan,” ujar Mardiyana.

Dekan FKIP UNS mengucapkan terima kasih atas kerjasama dalam webinar ini. Panitia yang sudah bekerja keras, ketiga narasumber yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dan menjadi amal baik bagi semua.

Harapannya Pendidikan Sejarah dapat berkembang lebih baik sehingga diminati. Organisasi profesi menjadi ujung tombak untuk pelaksanaan kampus merdeka dan lebih efektif dalam perkumpulan P3SI,” tukas Mardiyana.

Dalam pemaparan Dr. Jenny Koce Matitaputty S.Pd.,M.Pd menjelaskan Kiprah Perempuan dalam Panggung Sejarah dimana kita akan diajak untuk melihat gerakan dan perjuangan perempuan dari berbagai daerah pada masanya dan eksistensi organisasi  perempuan.

Selanjutnya Dr. Sutiyah, M.Pd.,M.Hum membahas Perempuan dalam Historiografi Sejarah Indonesia. Dengan menelisik mengapa perempuan menarik dalam historiografi Indonesia dari berbagai masa dan berbagai tantangan  dihadapinya. Mulai berkembang selanjutnya tidak hanya emansipasi tapi dari berbagai aspek. Beliau menantang kita untuk mengemas ulang historiografi untuk mendorong minat dan kajian tentang perempuan.

Pemateri terakhir yakni Dr. Risma Margaretha Sinaga,M.Hum menjelaskan Posisi Sejarah Perempuan dalam Pembelajaran di Sekolah. Beliau mengajak kita untuk mengamati  posisi perempuan dalam pembelajaran sejarah dengan memaparkan fakta seperti kajian perempuan yang masih minim, perannya seakan tersembunyi dan cenderung menjadi pelengkap karena sejarah masih identik dengan budaya patriarki. Muatan dan nilai-nilai karakter dalam kurikulum pembelajaran sejarah di sekolah dapat disampaikan dengan pendekatan dari perjuangan perempuan dalam sejarah bangsa Indonesia.

Acara ini dipandu oleh Hawiki Renalia mahasiswa Universitas Negeri Malang dengan Moderator Danu Eko Agustinova,S.Pd.,M.Pd. mahasiswa S3 Pendidikan Sejarah UNS. Materi tiap narasumber dapat diunduh di sini.

(Eka)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://p3si.org/wp-content/uploads/2017/08/header-background-1-1-1-1-1.png);background-size: initial;background-position: top center;background-attachment: scroll;background-repeat: initial;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 550px;}